gejala asam lambung meningkat

Gejala asam lambung meningkat yang biasanya banyak diderita oleh banayak masyarakat saat, mereka mengeluh seperti terbakar (mulas), sakit pada perut atau ulu hati. Kondisi yang dirasakan ini biasanya dapat diatasi dengan obat maag untuk meredakan rasa sakit yang menyiksa tersebut. Gejala asam lambung meningkat lebih sering terjadi di malam hari, sehingga menimbulkan gangguan tidur. Penyakit GERD juga dapat mencetuskan gejala asma dan menimbulkan peradangan pada saluran pita suara (laringitis).

Seperti Apa Itu Asam Lambung Tinggi?

Asam lambung adalah senyawa yang memiliki rumus kimia HCl atau asam klorida. Senyawa ini bersifat asam. Kadar HCl dalam asam lambung adalah sekitar 0,5 persen dari total getah lambung. HCl berfungsi sebagai disinfektan atau pembunuh kuman dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. HCl juga merangsang usus, hati, dan pankreas untuk mencerna makanan.

Asam lambung tinggi adalah kondisi yang terjadi ketika isi perut Anda datang ke kerongkongan Anda. Hal ini karena sfingter esofagus bagian bawah (LES) santai dan memungkinkan asam lambung untuk masuk kerongkongan Anda. Dokter mungkin mendiagnosa Anda dengan penyakit gastroesophageal (GERD) jika hal ini terjadi lebih dari dua kali seminggu.

Asam lambung berfungsi membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh bersama-sama dengan bahan makanan. Pada dinding lambung terdapat lendir yang disebut mukus yang berfungsi melindungi lambung. Namun, apabila jumlah lendir terlalu sedikit, atau sebaliknya asam lambung terlalu banyak, maka dapat terjadi luka pada dinding lambung. Gejala asam lambung tinggi ini kemudian menyebabkan penyakit maag.

Gejala Asam Lambung Tinggi

Penyakit asam lambung tinggi biasanya menyebabkan mulas, kemungkinan dikarenakan asam lambung berlebihan atau naik terus-menerus.

Heartburn atau mulas adalah sensasi terbakar yang tidak nyaman yang terjadi di kerongkongan dan terasa di belakang area tulang dada. Ini cenderung menjadi lebih buruk ketika berbaring atau membungkuk. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa jam dan sering memburuk setelah makan.

Rasa sakit maag dapat bergerak ke arah leher dan tenggorokan. Cairan perut dapat mencapai bagian belakang tenggorokan dalam beberapa kasus, menghasilkan rasa pahit atau asam.

Jika sakit maag terjadi dua kali atau lebih dalam seminggu, itu dikenal sebagai penyakit asam lambung tinggi untuk jangka pendek.

Gejala asam lambung lainnya termasuk:

1. Batuk kering dan persisten
2. Mengi
3. Asma dan pneumonia berulang
4. Mual
5. Muntah
6. Masalah tenggorokan, seperti nyeri, suara serak, atau radang tenggorokan (peradangan kotak suara)
7. Kesulitan atau rasa sakit saat menelan
8. Dada atau sakit perut bagian atas
9. Erosi gigi
10. Bau mulut

Penyebab Asam Lambung Tinggi

Salah satu penyebab asam lambung tinggi adalah kelainan perut yang disebut hernia hiatus. Hal ini terjadi ketika bagian atas perut dan LES bergerak di atas diafragma, otot yang memisahkan perut dari dada Anda. Biasanya, diafragma membantu menjaga asam dalam perut kita. Tapi jika Anda memiliki hernia hiatus, asam bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala asam lambung naik.

cara mengatasi asam lambung yang harus Anda ketahui

Selain dengan obat, sakit lambung sebenarnya bisa dengan mudah diatasi lewat pengaturan makanan yang lebih sehat dan seimbang.

Beberapa aturan pola makan yang perlu Anda perhatikan untuk membantu mengatasi asam lambung kambuhan adalah:

1. Makan lebih teratur

2. Hindari ngemil di antara waktu makan.

3. Perhatikan porsi makan.

4. Mengunyah makanan dengan benar.

5. Hindari minum air terlalu banyak saat makan.

 

Kapan harus ke dokter?

Anda dianjurkan untuk periksa ke dokter jika gejala asam lambung naik terjadi secara terus-menerus dan tidak kunjung membaik. Pemeriksaan juga diperlukan jika mengalami muntah dalam jumlah banyak, terlebih bila muntah mengandung darah.

Bila Anda mengalami nyeri dada yang menjalar ke rahang dan lengan disertai sesak napas dan keringat dingin, segera pergi ke IGD rumah sakit terdekat. Gejala tersebut bisa menandakan terjadinya serangan jantung , jadi jangan menganggapnya sakit maag biasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *