Gejala Penyakit Gerd dan Pencegahannya

Gejala penyakit gred dan pencegahannya, apakah anda pernah merasakan gejala maag seperti perut sakit, Nyeri ulu hati setelah makan ? selain itu penyakit gejala penyakit gerd dan pencegahannya ini juga bisa anda rasakan pada tenggorokan anda akan menjadi terasa asam dan perut bagian kanan akan terasa sakit.

gejala penyakit gerd dan pencegahannya

Untuk penjelasannya sebagai berikut:

gejala penyakit gerd

Pengertian gejala penyakit gerd dan pencegahannya

Maag adalah kondisi yang biasanya digunakan untuk menggambarkan berbagai keluhan karena gangguan pencernaan. Dengan kata lain, istilah maag sebenarnya tidak ada dalam kamus medis, alias bukanlah suatu penyakit khusus.

Selama ini istilah maag biasanya dipakai untuk menunjukkan beragam keluhan mengenai masalah pencernaan. Meliputi mual, muntah, perut kembung, sakit perut, maupun dada yang terasa nyeri seolah terbakar (heartburn).

Maag bisa dialami oleh siapa saja, tapi gejala gangguan pencernaan yang dialami oleh setiap orang tidak selalu sama. Selain itu, frekuensi munculnya maag yang dialami oleh setiap orang pun bisa berbeda-beda. Ada yang cukup sering mengalaminya, tapi ada juga yang sangat jarang.

Meski bukan suatu penyakit khusus, tapi hadirnya maag dan berbagai gangguan pencernaan lainnya tidak boleh dianggap ringan. Sebab tidak menutup kemungkinan, kondisi ini bisa menjadi tanda sekaligus risiko munculnya masalah kesehatan yang lebih parah.

Gejala maag dan pencegahaannya

Gejala umum yang biasanya muncul ketika seseorang mengalami maag adalah sebagai berikut:

  • Sakit perut.
  • Perut kembung karena penumpukan jumlah gas.
  • Mual dan muntah.
  • Perut terasa panas.
  • Muncul rasa tidak nyaman di perut bagian atas.
  • Mengalami sensasi seperti terbakar di bagian ulu hati yang bisa mengalir sampai ke dada.
  • Mudah bersendawa.
  • Mudah merasa kenyang padahal baru makan beberapa suap, atau setelah makan makanan dalam porsi normal.
  • Merasa sangat kekenyangan setelah makan, yang biasanya bisa berlangsung cukup lama.
  • Timbul rasa asam di mulut.
  • Bahkan terkadang, maag atau masalah pencernaan yang menandakan adanya suatu penyakit tertentu bisa membuat Anda mengalami heartburn.

Heartburn adalah timbulnya rasa atau sensasi seperti panas seperti terbakar di bagian tengah dada, yang dapat menyebar sampai ke leher dan punggung. Kondisi yang tentu membuat tubu tidak nyaman tersebut, biasanya mulai terasa saat sedang makan, maupun setelah selesai makan.

Jika gejala gejala penyakit maag tersebut dialami, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan menanyakan riwayat keluhan Anda, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi, untuk mengetahui tingkat keparahan maag yang diderita. Dokter mungkin akan menganjurkan untuk rawat inap di rumah sakit apabila ditemukan tanda-tanda yang berbahaya.

Cara Mencegah Penyakit Maag

Sebelum mengalami penyakit maag, ada baiknya untuk melakukan pencegahan penyakit maag sedini mungkin. Ini bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup, termasuk:

  • Hindarilah makanan penyebab sakit maag. Hal ini termasuk menghindari makanan tinggi lemak, makanan yang pedas, dan makanan yang asam.
  • Untuk mencegah penyakit maag, Anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi minuman bersoda, minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta minuman beralkohol karena dapat mengiritasi lambung.
  • Berhenti merokok karena perokok diketahui lebih berisiko terkena sakit maag dibandingkan mereka yang tidak merokok.
  • Hindari kafein atau alkohol (pahami juga apakah sakit maag disebabkan oleh kedua zat ini atau bukan).
  • Pola makan teratur dan kurangi makanan-makanan yang sensitif terhadap lambung
    Idealnya makan dalam porsi sedang/kecil namun sering jika sudah pernah sakit maag, bisa empat atau lima kali sehari dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit.
  • Hindari rasa was-was dan juga stres. Bantuan psikiater bisa diperlukan jika mendesak atau tidak bisa diatasi dengan relaksasi biasa.

gejala gejala penyakit maag perlu dikenali agar dapat dilakukan penanganan yang tepat. Sebab, jika tidak ditangani dengan baik, penyakit maag dapat membahayakan kesehatan Anda.

Anda sudah mengetahui gejala maag dan pencegahaannya, baca juga:

tanda gejala maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *