tanda penyakit lambung

Tanda penyakit lambung adalah perut sering merasa kembung. Hal ini terjadi karena kadar asam yang ada di dalam lambung meningkat, sehingga lambung terasa penuh. Pencegahan terhadap penyakit asam lambung ini adalah dengan makan teratur dan hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam. Jadi kita harus menghindi tanda dari penyakit lambung tersebut.

Asam lambung merupakan penyakit yang lazim diderita setiap orang. Penyakit asam lambung ini merupakan penyakit yang timbul karena adanya gangguan pada lambung  yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam lambung.

Kelebihan asam lambung dalam waktu yang lama akan berakibat pada peradangan lambung dan usus. Timbulnya penyakit asam lambung merupakan gejala yang diakibatkan dari faktor yang merusak pertahanan mukosa lambung lebih besar daripada faktor yang melindungi pertahanan mukosa lambung.

Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati.

 

Ciri-ciri Penyakit Asam Lambung

Berikut penjelasan ciri-ciri penderita asam lambung yang perlu Anda ketahui:

1. Produksi air liur berlebih dan mulut terasa pahit

Ini merupakan gejala awal asam lambung. Air liur terus diproduksi karena berusaha menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan.

2. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan selera makan biasanya disertai dengan perasaan penuh pada perut atau kembung.

3. Mual dan muntah

Terjadi akibat impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit dan iritasi dari traktus gastrointestinal.

4. Perut kembung

Hal ini diakibatkan kadar asam yang ada di dalam lambung sangatlah tinggi dan kurangnya enzim pada alat pencernaan, yang menyebabkan perut terasa kembung.

5. Susah buang air besar

Susah BAB diakibatkan pola makan yang tidak teratur dan adanya gangguan pada pencernaan termasuk pada saluran pembuangan akhir seperti rektum dan anus.

6. Sering bersendawa

Terus menerus bersendawa juga merupakan salah satu dari ciri-ciri asam lambung. Ketika mengalami kembung, bersendawa awalnya mungkin dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut. Namun kenyataanya, itu hanya untuk sementara. Beberapa saat kemudian, Anda akan segera kembung lagi dan kembali terus-terusan bersendawa.

7. Berkeringat tanpa alasan yang jelas

Terkadang dikarenakan penyakit asam lambung yang parah bisa mengakibatkan berkeringat walaupun di ruangan yang dingin atau ber-AC.

8.Panas pada bagian dada

Produksi asam lambung yang berlebih akan membuat dada terasa panas karena iritasi dan tekanan angin yang terus berproduksi pada lambung.

 

9. Kepala sering pusing

Kepala sering pusing karena tekanan asam lambung yang menghasilkan banyak angin di lambung menekan ke dada hingga ke kepala, suplay oksigen ke kepala jadi sedikit dan menyebabkan mulut terasa pahit dan pusing. Bisa juga jika sudah krosis akan mengganggu sinusitis karena bau dari lambung membuat bakteri tumbuh subur di rongga sinus, yang bisa mengakibatkan kepala pusing.

 

10. Terasa panas dan tidak nyaman saat istrahat

Badan terasa sangat lelah dan ingin sekali tidur, namun tidur sebentar saja udah terbangun lagi karena terasa panas pada bagian dada dan punggung sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

 

Bagi Anda yang sudah merasakan gejala atau ciri-ciri penyakit asam lambung di atas, sebaiknya lakukan pengobatan sejak dini agar terhindar dari penyakit yang lebih parah lagi.

 

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

GERD dapat diatasi dengan mengubah perilaku sehari-hari, seperti menurunkan berat badan, tidak langsung berbaring setelah makan, dan berhenti merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *